Wednesday, March 21, 2012

STRESS


Stress adalah beban rohani yang melebihi kemampuan maksimum rohani itu sendiri, sehingga perbuatan kurang terkontrol secara sehat. Stres bisa positif dan bisa negative. Para peneliti berpendapat bahwa stres tantangan, atau stres yang menyertai tantangan di lingkungan kerja, beroperasi sangat berbeda dari stres hambatan, atau stres yang menghalangi dalam mencapai tujuan.
Meskipun riset mengenai stres tantangan dan stres hambatan baru tahap permulaan, bukti awal menunjukan bahwa stres tantangan memiliki banyak implikasi yang lebih sedikit negatifnya dibanding stres hambatan.

Pengertian Stres menurut para ahli
1.      Menurut Robbins (2001:563) stress juga dapat diartikan sebagai suatu kondisi yang menekan keadaan psikis seseorang dalam mencapai suatu kesempatan dimana untuk mencapai kesempatan tersebut terdapat batasan atau penghalang.
2.      Menurut lazarus (1976), stres adalah suatu keadaan psikologis individu yang disebabkan karena individu dihadapkan pada situasi internal dan eksternal.
3.      Menurut Korchin (1976), keadaan stress muncul apabila tuntutan-tuntutan yang luar biasa atau terlalu banyak mengancam kesejahteraan atau integrasi seseorang.

Faktor Penyebab Stres
Factor internal penyebab stress yang sering ditemukan adalah :
1.      Hereditas (Keturunan), orang tua yang stress memiliki kemungkinan lebih besar mempunyai anak yang gampang stress pula. Meskipun ini bukanlah hal yang pasti.
2.      Kepribadian yang temperamental kompetitif, mudah
gelisah, mudah marah, tidak sabar, perfeksionis memiliki kecenderungan untuk terjangkit stres lebih besar daripada yang berkepribadian ramah,
tenang, santai dan tampaknya tebih asyik
menikmati hidup dan tidak terburu-buru
3.      Sistem Kepercayaan
4.      Pengalaman Masa Lalu,Pengalaman buruk di masalal juga bisa menjadi factor pemicu stres.

Cara Mengatasi Stres
1.      Makan Makanan Manis
2.      Berfikir Positif
3.      Berbagi Dengan Teman
4.      Berserah Diri kepada yang Maha Kuasa


http://aditindi.blogspot.com/2011/04/stress.html

No comments:

Post a Comment