Monday, November 12, 2012

Pengamanan pada Komputer


Sebelum kita membahas tentang macam –macam pengamanan computer, kita perlu mengetahui pengertian dan pentingnya pengamanan computer.
Pengamanan pada computer bisa berarti sebagai tindakan pencegahan agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan pada computer kita. Seperti kerusakan pada software dan hardware dari computer, hacking,virus atau tindakan tindakan yang tidak diinginkan dari orang lain.

Cara Cara Pengamanan pada Komputer

Cara pengamanan computer bisa dilakukan dengan berbagai cara,seperti:
1.Penguncian Windows
Penguncian Windows  ini dilakukan agar tidak terjadinya penggunaan computer oleh seseorang yang tidak kita kehendaki. Karena ketika kita mengunci windows tidak ada seorangpun yang bisa membuka windows jika tidak mengetahui password kita.

2. Penguncian Screen Saver
mempunyai fungsi yang tidak berbeda jauh dengan penguncian windows namun jika menguncian windows dimaksudkan agar tidak ada ‘orang iseng’ yang bisa menyalakan computer, penguncian screen saver berfungsi untuk  mencegah perbuatan iseng seseorang pada computer ketika sedang menyala

3. MemBackUp Data-Data Penting
Membackup data berfungsi sebagai cadangan data jika data yang kita simpan hilang,rusak, ataupun terhapus. Baik secara sengaja maupun secara tidak sengaja baik oleh diri sendiri maupun orang lain atau faktor lain. Seperti, virus, mati listrik, kerusakan pada computer.

4. Finger Print Detector
 Finger print detector merupakan hardware yang berfungsi untuk mendeteksi sidik jari seseorang. Jika seseorang memakai perangkat finger print detector maka akan mempersulit orang lain yang berniat tidak baik pada computer miliknya.

5. Sembunyikan Data Penting
 Hal ini digunakan untuk mengatur autoritas dari siapa-siapa saja yang bisa membuka dan mengakses data tersebut

 
 6. Screen Protector
 Screen Protector berfungsi untuk melindungi layar computer dari goresan goresan.  Screen protector juga juga berfungsi untuk melindungin LCD komputer dari debu dan mempermudah untuk membersihkannya. Ada beberapa jenis screen protector yang juga berfungsi sebagai anti-spy untuk menghindari orang ‘mengintip’ pekerjaan anda di computer. 

7. Menggunakan Antivirus
 Virus pada computer merupakan suatu program yang dibuat bertujuan untuk merusak, mengganggu atau melumpuhkan system computer. Si pembuat (programmer) biasanya membuat virus karena iseng, menguji kemampuan diri, dan bertujuan untuk mendapatkan keuntungan. Virus virus ini bisa menyerang computer dengan cara menggandakan file atau data-data atau mungkin juga menggandakan dirinya sendiri sehingga harddisk penuh dengan virus, ada juga jenis virus yang diciptakan oleh hacker. Virus ini bertujuan untuk mengawasi computer yang sudah terkena virus
Tapi sekarang kita tidak perlu khawatir lagi karena sudah banyak anti virus yang diciptakan untuk mengurangi atau menghilangkan virus virus tersebut. Seperti:
1. Avira antivirus yang berfungsi untuk melindungi computer kita dari virus Trojan, Backdoor program dan worm.
2.  AVG Free Edition adalah jenis anti virus yang gratis yang berfungsi untuk memindai email email yang ingin kita simpan







Sumber Referensi
http://catatan-gume.blogspot.com/2010/06/macam-macam-antivirus.html
http://adicahyono.com/headline/fingerprint-scanner.html
http://ahlikompie.com/contoh-jenis-virus-komputer-1005.html
http://agussale.com/keamanan-jaringan-komputer
http://fazrinriri.blogspot.com/2009/05/pengamanan-fisik-pada-komputer.html
http://carabackupdata.blogspot.com/2011/11/pengertian-backup-data-fungsi-back-up.html
http://www.scribd.com/doc/50422884/30/B-4-2-Pengamanan-Hardware
http://anginbiru.weebly.com/5/post/2010/10/essai-keamanan-komputer.html

1 comment:

  1. hei kawan, jangan lupa pasang link:
    - www.gunadarma.ac.id
    - www.studentsite.gunadarma.ac.id dan lain lain
    karna link link tersebut mempengaruhui kriteria penilaian mata kuliah soft skill lho!

    Oh ya, Yuk kita ikut lomba 10 kategori lomba khusus bagi mahasiswa Universitas Gunadarma. Edisi
    Desember2012 ini diperuntukan bagi mahasiswa S1 dan D3. Tersedia 100 pemenang, atau 10 pemenang
    untuk setiap kategori. link
    http://studentsite.gunadarma.ac.id/news/news.php?stateid=shownews&idn=755

    kalian nggak mau ketinggalan kan untuk update terhadap berita studentsite dan baak , maka dari itu, yuk pasang RSS di Studentsite kalian.. untuk info lebih lanjut bagaimana cara memasang RSS , silahkan kunjungi link ini
    http://hanum.staff.gunadarma.ac.id/Downloads/folder/0.5

    makasi :)

    ReplyDelete